Minggu, 05 Mei 2013

Pengalaman Kerja jadi Aslab


Kemarin saya sudah bercerita mengenai pengalaman test menjadi aslab, sekarang saya akan bercerita mengenai pengalaman kerjanya yang sudah saya lalui hampir sekitar 2 bulan. Awalnya rasa gugup dan canggung masih sangat berasa ketika mendapat tugas menjadi tutor, tetapi untuk semakin harinya sudah mulai terbiasa dan malah saat tugas menjadi tutor menjadi saat-saat tugas yang menyenangkan. Karena kita jadi dapat melatih diri berbicara didepan orang banyak, membantu kita dalam belajar bersosialisasi, dan menambah wawasan baru dengan hal-hal yang baru. Saat menjadi seorang  tutor adakalanya kita harus bersikap tegas agar praktikan tidak membuat gaduh, karena setiap kelas pastinya memiliki sifat yang berbeda-beda, ada beberapa kelas yang sangat ribut, ada kelas yang aktif, ada pula kelas yang pasif. Dan untuk mengemban tugas sebagai tutor kita harus mampu memahami situasi kelas, ketika kelas gaduh kita harus tegas menghadapinya, ketika kelas aktif kita juga harus banyak-banyak memberi latihan-latihan, dan ketika kelas pasif maka kita harus pintar-pintar memberi latihan dengan pemberian nilai bagi yang bisa menyelesaikannya dan biasanya hal ini akan memancing minat praktikan dalam mengikuti praktikum.
Saya juga mau bercerita dari beberapa kelas yang pernah saya tutor, saya sering mendapati hal-hal lucu yang dibuat oleh para praktikan saya, seperti salah satu kelas yang saya sebut kelas modus, karena anak-anak mahasiswanya yang mayoritas laki-laki sering sekali menggoda para asisten atau tutor perempuan, tetapi hal itu bagi saya cukup menarik karena memberikan nilai lucu tersendiri. Ketika menghadapi kelas itu saya lebih banyak tersenyum, karena kelucuan mereka.
Dan adapula kelas yang membuat saya cukup kelas, karena kelakuan praktikannya yang menurut saya kurang sopan terhadap kaka asisten yang berjaga, apalagi ketika mereka sudah mulai berbicara dengan nada kurang enak rasanya harus banyak-banyak bersabar menghadapi tingkah laku praktikan yang bersifat seperti itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar