Jumat, 15 Maret 2013

Tugas ANSI


KLASIFIKASI SISTEM
1.        Deterministik System
Deterministik system atau sistem tertentu adalah sebuah sistem dimana operasi-operasinya dapat ditentukan. Deterministik sistem  beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi, interaksi diantara bagian-bagiannya dapat dideteksi dengan pasti sehingga keluarannya dapat diramalkan.
Contohnya : program komputer dan sistem Penggajian.
2.        Probabilistik System
Probabilistik system adalah sebuah sistem yang outputnya tidak dapat diramalkan dengan pasti tetapi input dan prosesnya dapat disefinisikan.
Contohnya : sistem arisan, sistem persediaan, dan sistem pemasaran.
3.        Open System
Open system adalah sistem yang berhubungan dengan lingkungannya dengan cara pertukaran energi, materi, atau informasi. Sistem ini cenderung dapat beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungannya sehingga dapat meneruskan eksistensinya.
Contohnya : sistem keorganisasian, dan sistem perusahaan dagang.
4.    Closed System
Closed system adalah sistem yang tidak bertukar materi, informasi, dan energi dengan lingkungannya sehingga tidak terjadi interaksi dengan lingkungannya.
Contohnya : reaksi kimia dalam tabung yang terisolasi.
5.    Relatively Closed System
Relatively closed system adalah sistem yang tertutup tetapi masih bisa menerima pengaruh-pengaruh lain. Sistem ini dapat menerima pengaruh dari luar yang sudah didefinisikan dalam batas-batas tertentu.
Contohnya : Sistem komputer. (Sistem ini hanya menerima masukan yang telah ditentukan sebelumnya, mengolahnya dan memberikan keluaran yang juga telah ditentukan sebelumnya. Tidak terpengaruh oleh gejolak di luar sistem).
6.        Artificial System
Artificial system adalah sistem yang meniru kejadian alama. Sistem ini dibentuk berdasarkan kejadian di alam dimana manusia tidak mampu melakukannya dengan kata lain tiruan yang ada di alam.
Contohnya :
- Sistem AI, yaitu program komputer yang dapat membuat komputer seolah-olah  berpikir.
-  Sistem robotika
- Jaringan nuetral network
7.        Natural System
Natural system atau sistem alamiah adalah sebuah sistem yang terjadi atau terbentuk karena kejadian alam.
Contohnya : laut, pantai, atmosfer, tata surya, dll.
8.        Manned System
Manned system adalah sistem penjelasan tingkah laku yang meliputi keikutsertaan manusia.
Sistem ini dapat digambarkan dalam cara-cara sebagai berikut :
H.1. Sistem manusia-manusia.
  Sistem yang menitik beratkan hubungan antar manusia.
H.2. Sistem manusia-mesin.
  Sistem yang mengikutsertakan mesin untuk suatu tujuan.
H.3. Sistem mesin-mesin.
  Sistem yang otomatis dimana manusia mempunyai tugas  untuk memulai dan mengakhiri sistem, sementara itu  manusia dilibatkan juga untuk memonitor sistem.  Mesin berinteraksi dengan mesin untuk melakukan beberapa  aktifitas. Pengotomatisan ini menjadikan bertambah  pentingnya konsep organisasi, dimana manusia dibebaskan dari tugas-tugas rutin atau tugas-tugas fisik yang berat. Perancang sistem lebih banyak menggunakan metode " Relatively Closed dan Deterministik Sistem ", karena sistem ini dalam pengerjaannya lebih mudah meramalkan hasil yang akan diperoleh dan lebih mudah diatur dan diawasi.
Contohnya :
Pada bidang sistem informasi, faktor komputer dan program komputer biasanya " Relatively Closed dan Deterministik ", tetapi faktor manusia sebagai pengelolanya adalah " Open dan Probabilistik Sistem ".



Tidak ada komentar:

Posting Komentar